Modifikasi Bushings Pada Kipas Angin
Pada kesempatan ini admin bagikan pengalaman dan cara modifikasi bushings pada kipas angin. Sebelum dijelaskan tahapannya, ada sedikit pengalaman langsung yang mengawali modifikasi ini dilakukan.
Modifikasi ini berawal dari pengalaman pribadi, dirumah ada buah dua kipas angin yakni brand A dan B. Dimana kipas angin A rusak tidak berputar alasannya ialah macet pada bab as dengan bushingnya yang ditandai warna hitam dan cokelat, tapi masih terdengar bunyi berdengung pada bab kumparannya. Itu tanda dari kumparan kipas angin A masih berfungsi.
Kipas yang satu ini sering mengalami insiden tersebut, umur pemakaian antara 3bulan hingga 6bulan sudah macet lagi. Berbeda pada kipas angin B tidak ada problem sedikitpun walau hidup nonstop selama 3tahun, dan hanya mati ketika mati lampu atau membersihkan dari debu juga kotoran yang menempel.
Akhirnya rasa ingin tau pun timbul, hingga karenanya saya membukanya dan ternyata hanya ada perbedaan dibagian bushingsnya saja. Kipas B ini menggunakan bearings, dengan melihat perbedaan ketahanan dalam usang pemakaian sanggup saya simpulkan bahwa bearings lebih baik dipakai pada kipas angin.
Dan bearings memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
- mengurangi gesekan, panas dan aus
- menjaga toleransi kekencangan
- mengurangi biaya opersional dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.
Sekarang admin bagikan tahapannya berikut gambar, sebelum memulai pengerjaan dalam modifikasi. Persiapkan lebih dahulu alat dan materi yang dipakai nantinya. Anda sanggup melihat gambar dibawah ini, dimulai dari sisi kiri :
Lem korea, lem campur dextone, dua buah bearings dengan no 608 dan has yang masih bagus, jangan lupa obeng juga tang. Setelah semua alat dan materi tersedia, barulah anda lepaskan dimulai dengan membuka epilog baling - baling, hingga pada bab kumparannya terlepas dari kedudukan atau tubuh kipas.
Kumparan telah lepas dari kedudukannya, dilanjutkan membuka bab kumparan kipas hingga semua isi dalamnya terlepas satu persatu. (didalamnya terdapat beberapa bab menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini)
Semua bab dalam pada kipas angin telah terlepas menjadi beberapa bagian, selanjutnya membersihkan semua bab tersebut. Selesai itu ambil dua buah rumah kumparan kipas untuk melepaskan bushings dari tempatnya.
Setelah bushings terlepas bersihkan permukaan daerah bushings tersebut dengan tiner hingga bersih. Jika sudah benar - benar bersih, kini kita lanjutkan untuk modifikasi bearings pada kipas angin
Bagi yang ingin mencoba modifikasi kipas angin, admin sudah buat tahapannya dibawah ini :
- Pertama
Lihat gambar diatas letakkan has sempurna ditengah - tegah dibagian rumah kumparan kipas. Setelah has berada sempurna dibagian tengah, ambil bearings dan masukkan kedalam has menyerupai terlihat pada gambar dibawah. - Kedua
Bearings sudah berada pada tempatnya, kemudian lem dibagian bawah bearings tersebut dengan lem korea atau lem yang sejenis. Lakukan perlahan saja (dikit demi sedikit hingga rata di sekelilingnya). - Ketiga
Setelah lem kering, keluarkan hasnya dan dilanjut dengan mengerjakan bab yang satunya lagi dengan cara yang sama. Apabila kedua bab rumah kumparan telah terpasang bearings, kini lanjutkan ketahap berikutnya. - Keempat
Tahap berikut ini ialah untuk menguatkan kedudukan bearings pada rumah kumparan. Pada gambar diatas admin menggunakan materi dari bubuk rokok, atau sanggup juga menggunakan pasir (kering). Jangan lupa pada bab yang satunya juga sama. - Kelima
Sekarang melanjutkan tahapan berikutnya, dan dalam tahap ini masih dalam hal penguatan kedudukan bearings semoga lebh besar lengan berkuasa lagi melekat pada rumah kumparan. Pada gambar diatas admin menggunakan lem campur Dexton. - Keenam
Setelah semua tahap dilakukan, pasang kembali kumparan kipas, has pada rumah kumparan yang telah dipasangkan bearings. (teteskan sedikit lem korea pada has menyerupai yang terlihat pada gambar diatas)
Catatan :Dalam meneteskan lem korea ini untuk merekatkan bab has dengan bab dalam bearings, yang berfungsi untuk menjaga semoga has tidak berputar melainkan bab dalam bearings yang berputar.
Pada tahapan terakhir tersebut sanggup anda lewati (apabila kondisi has masih baik atau belum aus). Dan terutama untuk anda yang gres pertamakali melaksanakan modifikasi bushings pada kipas angin.
Sumber https://masvalitio.blogspot.com/