Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Yang Tepat Merawat Kulit Yang Mudah Berjerawat

Cara Yang Tepat Merawat Kulit Yang Mudah Berjerawat, Punya kulit wajah mudah berjerawat memang perlu banyak bersabar. Pasalnya, salah sedikit saja dalam merawatnya jerawat bisa langsung bermunculan menghiasi wajah.

Cara Yang Tepat Merawat Kulit Yang Mudah Berjerawat Cara Yang Tepat Merawat Kulit Yang Mudah Berjerawat

Apakah Anda sudah tahu apa penyebab jerawat di wajah? Jika belum sebaiknya cari tahu dulu dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK). Biasanya penyebabnya bisa dari luar (eksternal)  dan juga dalam (internal).

Baca : Manfaat Tidur Dengan Menggunakan Kaos Kaki

Riwayat keluarga, perubahan hormon, dan penyakit tertentu menjadi faktor internal yang biasanya jadi penyebab jerawat. Sementara kebersihan wajah, kebiasaan tidur, pola makan, dan penggunaan make up menjadi faktor eksternal yang paling sering menyebabkan jerawat.

Cara Yang Tepat Merawat Kulit Yang Mudah Berjerawat


Menjaga kebersihan kulit wajah



Secara umum wajah yang berjerawat biasanya cenderung berminyak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mencuci muka dengan pembersih wajah berbahan dasar BHA yang mengandung asam salisilat sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Pilihlah produk dengan kandungan BHA tidak lebih dari 2 persen.

Namun, jika Anda memiliki kulit yang kering gunakan pembersih wajah dengan kandungan PHA. PHA adalah senyawa turunan AHA yang cenderung ringan dan tidak mengiritasi seperti AHA dan BHA.

Produk ini berguna untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan meratakan warna kulit. Gunakan produk yang memiliki kandungan PHA sebesar 4 persen. Jangan lupa, gunakan dahulu susu pembersih jika sebelumnya Anda menggunakan make up yang cukup berat.


Gunakan toner setelah mencuci muka


Toner berfungsi untuk merawat dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah yang berminyak gunakan toner AHA setelah mencuci muka. Sementara untuk Anda yang berkulit kering atau sensitif toner berbahan PHA biasanya lebih cocok.


Gunakan produk berbahan gel


Untuk Anda si pemilik kulit berminyak sebaiknya gunakan produk-produk bertekstur gel atau losion yang ringan. Tujuannya, agar tidak merangsang kelenjar minyak untuk lebih aktif. Untuk memilih produk yang tepat memang susah-susah gampang.

Namun, daripada Anda coba-coba produk lebih baik konsultasikan pada dokter Sp.KK. Pasalnya, kulit yang cenderung mudah berjerawat biasanya akan langsung mengeluarkan reaksi negatif saat mencoba berbagai produk baru.


Tidak begadang


Begadang dan kurang tidur bisa merangsang produksi hormon kortisol. Hormon yang satu ini dikenal sebagai hormon stres yang bisa memperparah jerawat dan merangsang terbentuknya jerawat baru. Untuk itu, jika Anda tidak ingin jerawat muncul dengan mudah di wajah, usahakan untuk tidur dengan cukup selama kurang lebih 7 jam.

Baca : Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas Dalam Waktu Singkat


Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi


Indeks glikemik adalah nilai yang menggambarkan tentang seberapa cepat makanan bisa memengaruhi kadar gula darah. Semakin besar nilai indeks glikemik maka akan semakin cepat pula kenaikan kadar gula darah setelah makan.

Nah, makanan dengan indeks glikemik tinggi (di atas 70) seperti nasi putih, mie instan, dan makanan manis bisa merangsang peradangan pada kulit. Selain itu, kelompok makanan ini juga bisa memperbesar kelenjar minyak dan membuatnya lebih aktif sehingga risiko jerawat pun akan meningkat


Apa yang harus dilakukan saat jerawat sedang meradang?


Saat jerawat sedang meradang jangan dulu panik atau stres. Sebaiknya, gunakan produk khusus jerawat seperti BHA, benzoil peroksida, atau asam azelaic. Berbagai kandungan tersebut membantu meringankan peradangan dan mengatasi jerawat.

Namun ingat, jangan coba-coba produk dengan mudah berganti-ganti setiap hari. Pasalnya kulit malah bisa makin meradang dan jerawat pun semakin parah. Jika setelah menggunakan berbagai obat jerawat Anda tak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter Sp. KK agar bisa ditangani dengan tepat dan tak bertambah parah.

Hati-hati dalam memilih produk untuk wajah


Jika Anda memiliki kulit wajah mudah berjerawat sebaiknya hindari bahan-bahan yang mudah mengiritasi kulit. Tak hanya itu, Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan produk riasan yang bersifat komedogenik atau memicu timbulnya komedo.

Anda juga perlu menghindari produk tabir surya yang mengandung avobenzon, PABA, dioxybenzone, atau homosolate. Jika ternyata tabir surya yang Anda miliki mengandung berbagai bahan tersebut, hindari memakainya lebih dari 3 jam. Pasalnya, berbagai kandungan tersebut sangat mudah menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat.

Baca  : Tips Diet Alami Dengan Menggunakan Madu

Bolehkah saya mencoba perawatan alami?


Sebenarnya, bahan-bahan alami seperti cuka apel, madu, tea tree oil, perasan lemon, dan lainnya tidak terbukti secara ilmiah untuk menyembuhkan jerawat. Bahkan, alih-alih menyembuhkan berbagai bahan ini justru bisa memperparah jerawat karena sifatnya yang cenderung mengiritasi kulit.

Namun, Anda tetap bisa kok menggunakan bahan-bahan alami ini. Hanya saja, jangan digunakan ketika ada jerawat di wajah terlebih saat sedang meradang. Jika jerawat sudah muncul sebaiknya gunakan bahan yang terbukti ampuh secara medis. Konsultasikan masalah Anda ke Sp.KK terdekat untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.
Sumber https://rasanyasehat.blogspot.com/