Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Kondisi Dan Warta Di Router Cisco -

Selamat tiba di



Oke kali ini khermawan203 akan menciptakan sebuah artikel yang kini akan menciptakan artikel "Cara melihat konfigurasi di router cisco".

Kegunaanya ialah untuk melihat konfigurasi di router cisco masih berjalan atau tidak di dalam router cisco nya.


Hal pertama yang disiapkan untuk mengecek Router cisco kita dalam keadaan baik atau rusaknya.Harus siapkan alat alat yang dipakai untuk mengcek router cisco sama saja masuk ke dalam router cisco menyerupai mengkonfigurasi router cisco.

Baca juga:Perbedaan dan Fungsi line console 0 dan line vty 0 4

Bahan materi yang dipakai untuk mengcek router cisco

Laptop atau komputer(yang mempunyai port Line Console)
laptop/komputer dipakai sebagai alat untuk mengakes router cisco nya.

Router cisco

Router cisco ini untuk perangkat yang ingin kita gunakan sebagai perangkat yang akan di lihatnya atau yang akan kita cek kondisinya.

Baca juga:Perbedaan Dhcp Server Dengan Dhcp Client

Adapun fungsinya:Untuk mengatur/mengkonfigursi router cisco fastehernet di router memakai kabel console untuk terhubung ke port console router cisco.

Media kabelnya ada 2 yaitu:

Kabel straight

Kabel jaringan utp ini dipakai untuk menghubungkan dari laptop/komputer ke  fastethernet yang ada di router cisconya nya ini hanyalah jenis port doang adapun merek lainya menyerupai ethernet dan gigabitethernet tertanam pada Router Cisco.

Jika belum ada yang mengerti cara menciptakan kabel straight bica cek artikel aku yang lain nya.

Tipe port pada router cisco dan switch cisco:

FastEthernet 0/0,FastEthernet 0/1
Ethernet 0/0,Ethernet 0/1
GigabitEthernet 0/0,GigabitEthernet  0/1.

Baca juga:Merubah tampilan kursor pada blogspot

perlu di perhatikan untuk lebih berhati hati dalam melaksanakan kofigurasi router cisco nya kalian dapat simak klarifikasi dibawah ini.

Pastikan daya listrik stabil

Ya memang harus kita perhatikan dalam pengcekan listrik .pasalnya pernah terjadi pada daerah kami yang dimana komputer dan router cisco kami meledak/mati dua duanya hanya gara gara arus listrik yang tidak stabil.maka harus di perhatikan terlebih dahulu.

Media kabel

Kita harus mengecek kabel kabel yang kita gunakan untuk mengkonfigurasi router cisco atau mengeceknya,apakah yang kita buat/atau dapet beli ini tidak ada masalah? dan pastikan kabel nya benar.

Software

Software/aplikasi yang aku gunakan pada praktek pengecekan router cisco yang biasa aku gunakan adalah:
  1. Putty
  2. Hyperterminal

Perhatikan

Silahkan kalian colokan dulu kabel rj45 dari ke komputer ke fastethernet atau ethernetatau juga gigabitethernet di port router cisconya.Dan colokan kabel console kalian colokan ke pc/laptop ke port console di router cisconya sabegai jalur penghubung atau koneksi.

Dan kabel console ialah dipakai untuk masuk ke dalam router cisconya untuk melaksanakan konfigurasinya.

Baca juga:Pengertian Input Proses dan Output

Buka software nya putty/hyperterminal,yang belum silahkan download terlebih dahulu,saya akan memakai aplikasi putty untuk melihat konfigurasi pada router cisco dan kita uga bia melihat berapa versi IOS image pada router cisco mapun untuk melihat konfigurasi switch saja. 

Kalau sudah download,Install kemudian buka software putty nya
tampilan awal.
Nah kalian pilih serial pada bab itu,melihat COM nya,com berapa pada komputer/laptop kalian dapat di device meneger di PCI serial port.

Klik open,lalu temen temen tekan enter,kalau muncul:
Router>
berarti kita berhasil masuk pada router cisco.

Maka akan muncul halaman putty,kalau tidak muncul berarti ada yang duduk kasus pada com nya,atau kabel kabelnya,pastikan terpasang dengan baik.

COM yakni nama port dari si pc,jadi nanti dikala kita masuk ke putty niscaya kita harus menentukan COM berapa yang digunakan,tapi biasa nya default otomatis.



Jika ada yang tidak mengerti silahkan comment dan.Terima kasih sudah berkunjung di jangan lupa share,Semoga bermanfaat!!!thanksyou

Sumber https://khermawan203.blogspot.com/