Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu World Wide Web Telah Meluncurkan Rencana Untuk Internet Kondusif Yang Baru


Penemu World Wide Web telah meluncurkan rencana untuk internet kondusif yang baru.
Di mana setiap pengguna mempunyai kontrol penuh atas data mereka sendiri

Mengapa penting: Internet bukanlah apa yang diinginkan pendirinya, Tim Berners-Lee, yang diinginkannya. Akhirnya hal itu meledak menjadi mimpinya wacana sumber terbuka yang setiap orang sanggup melihat dan berinteraksi dengan, membeli sesuatu, terhubung, dan berinovasi. Tetapi itu tiba dengan sesuatu yang tidak seorang pun lihat kembali ketika internet masih dalam tahap awal: kontrol dan manipulasi data kami yang tidak diinginkan.

Selama beberapa tahun Sir Tim Berners-Lee dan timnya di MIT telah menyebarkan platform terdesentralisasi yang dirancang untuk menawarkan setiap pengguna internet kontrol penuh atas data mereka: Solid (Data Terkait Sosial). Minggu ini ia mengungkapkan start-up pertama untuk mengambil laba dari platform Solid, yang disebut Inrupt. Berners-Lee dan rekannya John Bruce akan memimpin tim kecil pengembang yang terinspirasi untuk mengambil alih kembali kekuatan dari raksasa internet.

“Niatnya yaitu dominasi dunia. Kami tidak berbicara dengan Facebook dan Google wacana apakah atau tidak untuk memperkenalkan perubahan lengkap di mana semua model bisnis mereka benar-benar upended semalam. Kami tidak meminta izin mereka. ”

Berners-Lee menyampaikan bahwa kegagalan terus menerus Facebook untuk melindungi penggunanya yaitu sesuatu yang mendorongnya: “Kita harus melakukannya sekarang. Ini momen bersejarah. ”

Saya pikir kita semua sanggup oke bahwa perubahan sangat dibutuhkan; hanya dua hari yang kemudian terungkap bahwa 50 juta akun Facebook mungkin telah dikompromikan. 

Berners-Lee menyampaikan bahwa kegagalan terus menerus Facebook untuk melindungi penggunanya yaitu sesuatu yang mendorongnya: “Kita harus melakukannya sekarang. Ini momen bersejarah. ”


Solid bekerja melalui sesuatu yang disebut POD Padat, sistem penyimpanan Data Online Pribadi. POD hanyalah sebuah file yang berisi semua data Anda: video, gambar, kalender, alamat, preferensi, daftar teman - semuanya dari daerah Anda bekerja dengan nama Labrador Anda. Tim pengembangan Solid bekerja pada perangkat lunak yang menciptakan dan mengelola POD, dan sehabis simpulan sepenuhnya (segera, kami diberitahu) perusahaan dan individu akan sanggup menciptakan dan memakai server POD mereka sendiri. Apa artinya ini yaitu bahwa Anda sanggup menyimpan POD Anda sendiri di perangkat yang terhubung ke internet atau membayar perusahaan untuk menyimpannya untuk Anda.

Setiap dan semua situs atau aplikasi yang menginginkan saluran ke informasi wacana Anda hanya meminta POD Anda untuk itu - tergantung pada pilihan Anda, itu akan menyampaikan ya atau tidak. Misalnya, platform media umum sanggup meminta POD Anda untuk nama, usia, nomor telepon dan gambar apa pun yang mungkin ingin Anda bagikan. Tetapi platform media umum tidak mengontrol informasi: dengan menonaktifkan saluran platform ke POD Anda, informasi tersebut dihapus.

Di sinilah Inrupt memasuki keributan: ini memungkinkan Anda untuk menciptakan POD di server Inrupt, dan itu akan menciptakan aplikasi dan membantu perusahaan lain untuk menciptakan aplikasi memakai Solid. Secara teknis, Anda sanggup menciptakan POD kini di situs web mereka dan bermain-main dengan kalender dan aplikasi pencatat, tetapi, jujur ​​saja, antarmuka ini mengerikan dan belum siap digunakan. Inrupt ketika ini dibiayai oleh Glasswing Ventures, yang mengkhususkan diri dalam AI dan teknologi start-up lainnya, tetapi Inrupt sedang mengejar pendanaan lebih lanjut.

Platform Solid yaitu ide yang manis dengan sasaran yang baik. POD yang solid yaitu pelaksanaan yang baik dan layak secara teknologi dari ide itu. Tapi apakah itu akan menciptakan kakinya terlepas dari tanah?

Kita sanggup melihat ini dengan dua cara. Yang pertama yaitu perspektif platform yang sedang naik daun. Itu brilian; hal besar berikutnya. Seperti hampir semua platform, pendapatan iklan yaitu aspek penting. Pembuat platform dihadapkan pada pilihan: gunakan POD untuk melindungi data pengguna dan menghasilkan lebih sedikit uang, atau percaya bahwa mereka sanggup melindungi data pengguna itu sendiri dan menghasilkan lebih banyak uang. Para pembuat konten kemungkinan akan mempunyai niat baik (pikirkan WhatsApp atau Telegram) tetapi sulit untuk menemukan investor yang oke untuk menghasilkan lebih sedikit uang.

Perspektif kedua yaitu platform yang mapan. Ambil YouTube sebagai contoh. Akan sangat sulit bagi mereka untuk beralih ke POD bahkan jikalau mereka ingin: pemegang saham tidak akan terkesan dengan tiba-tiba beralih ke model bisnis yang kurang menguntungkan (misalnya iklan yang tidak bertarget). Terutama ketika mereka sanggup dengan gampang melanjutkan dengan model bisnis mereka ketika ini.

Intinya adalah, platform Solid yaitu ide brilian tetapi alasannya tidak masuk logika secara ekonomi, sulit untuk membayangkan adopsi secara luas. Kecuali jikalau Entah sanggup menciptakan POD menguntungkan bagi perusahaan untuk mengadopsi, atau menciptakan platform mereka sendiri untuk menyaingi Google dan Facebook, data kami akan tetap berada di tangan perusahaan raksasa.

Sumber https://idahdeen.blogspot.com/