Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaligrafi Ini Ditulis Tanpa Huruf, Bisakah Kau Membacanya ?


Kreatifitas tanpa batas !!
Para kaligrafer berfikir sangat jauh, menghasilkan sesuatu yang tidak terfikirkan oleh orang lain.
Termasuk karya karya berikut ini ! Kaligrafi tyanpa karakter ! Yang muncul hanya harokatnya saja. Tapi dibaliknya ada ungkapan yang dapat dibaca.


Ini yang pertama. Penulis tidak diketahui. Dalam karya ini yang terlihat hanya karakter tanda baca (harokat dan titik) dan hiasan. Padahal bersama-sama karya ini berisi petikan hadis yang sangat terkenal. Bisakah kau membacanya ? 



Ini yang kedua. Karya Jazim Nasrullah. Tidak ada karakter sama sekali, hanya ada tanda baca, titik dan hiasan. Dan sebutir telor !! .  Ayo bagaimana cara membacanya !


Untuk kaligrafi pertama, berisi petikan hadis  إنما الأعمال بالنيات  (innamal a'malu binniyyat, sesungguhnya amal itu dengan niat). Lalu kemana karakter karakter huruf konsonannya ? Kenapa ia tidak ditulis ? Jawabnya ialah : Disimpan didalam hati !. Karena temanya ialah niat. Dan niat letaknya didalam hati. 

Boleh juga idenya !

Untuk kaligrafi kedua, ialah kata بيضة  (baidhoh, telur). Lalu kemana karakter hurufnya ? Cukup diwakili dengan sebutir telur. Bila telurnya diambil, tidak akan ada yang dapat membacanya hingga hari kiamat. 

Apakah kau punya karya dengan ide serupa ?

Praktis mudahan menjadi inspirasi. Terima kasih.