Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan Aplikasi Android Di Komputer


Tahukah Anda bahwa Anda sanggup menjalankan aplikasi Android di Google Chrome? Kembali pada tahun 2015, Google meluncurkan alat yang disebut ARC Welder, yang dirancang untuk memungkinkan pengembang menguji aplikasi mereka di browser Chrome sehingga mereka sanggup dipindah ke Chrome OS. Tujuan utama ARC Welder yakni mempermudah pengembang untuk menciptakan lebih banyak aplikasi untuk Chrome OS, tetapi alat ini sanggup dipakai oleh siapa saja untuk menjalankan aplikasi Android di browser mereka.

Sangat gampang untuk menjalankan aplikasi Android memakai ARC Welder, dan di bawah ini kami akan menyampaikan caranya. Namun, perlu disebutkan bahwa beberapa aplikasi Android tidak berjalan sangat baik di Chrome, jadi Anda harus melaksanakan sedikit eksperimen untuk menemukan aplikasi mana yang berfungsi paling baik.

Install ARC Welder


Bagian termudah dari keseluruhan proses yakni memasang ARC Welder. Cukup buka halaman add on Web Chrome untuk ARC Welder dan klik instal. Setelah proses pemasangan singkat selesai, Anda akan sanggup menjalankan ARC Welder dari halaman aplikasi Chrome.

Jika Anda mempunyai perangkat yang sanggup menjalankan aplikasi Chrome dan Chrome, Anda seharusnya sanggup memakai ARC WELDER. Ini berarti bahwa semua sistem operasi desktop didukung, termasuk Windows 10, macOS, Chrome OS, dan Linux. Dari apa yang telah kami lihat, alat ini bekerja dengan sangat baik di semua sistem operasi, jadi Anda tidak akan mendapat pengalaman yang lebih baik beralih dari Windows ke MacOS (misalnya).

ARC Welder dirancang untuk Chrome OS, meskipun, dan alat ini memperingatkan Anda bahwa beberapa "bug spesifik platform" ada di sistem operasi lain.

Tentukan APK Android


ARC Welder dirancang untuk membuka file Android APK, jadi Anda harus mencari dan mengunduh APK yang ingin Anda jalankan. Anda tidak sanggup mengunduh file APK dari Google Play Store, jadi Anda harus memakai sumber unduhan pihak ketiga.

Di sini, kami merekomendasikan APKMirror sebagai sumber APK Android Anda, terutama lantaran mempunyai antarmuka yang anggun dan Anda sanggup mengunduh versi yang lebih usang dari hampir semua aplikasi dalam koleksi mereka kalau perlu. Mereka bahkan mempunyai versi terpisah dari banyak aplikasi untuk banyak sekali arsitektur prosesor. AndroidAPKsFree yakni sumber lain yang masuk nalar kalau Anda tidak sanggup menemukan apa yang Anda cari di APKMirror.

Tidak ada situs web yang membayar aplikasi, lantaran mengunduh APK untuk aplikasi berbayar yakni pembajakan. Jika Anda benar-benar ingin mengunduh aplikasi berbayar untuk dipakai dengan ARC Welder, Anda harus memeriksanya sendiri.

Jalankan APK di ARC Welder


Saat Anda menyiapkan APK, cukup jalankan ARC Welder di Chrome, dan pilih direktori daerah ARC Welder sanggup menulis beberapa file sementara. Setelah Anda tamat melakukannya, klik untuk menemukan dan menambahkan APK yang ingin Anda coba, yang akan membawa Anda ke halaman opsi konfigurasi. Google menyampaikan sebaiknya biarkan ini pada nilai default mereka. Untuk meluncurkan aplikasi, klik ‘uji’.

ARC Welder hanya sanggup menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Jika Anda ingin membuka aplikasi yang berbeda, Anda harus menutup aplikasi yang sedang digunakan, memuat APK baru, klik untuk menghapus APK usang dari ARC Welder, kemudian meluncurkan aplikasi baru.

Kami mencoba sejumlah aplikasi di ARC Welder di Chrome 56 pada Windows 10, dan menemukan bahwa pemberian aplikasi terpukul atau hilang. Beberapa aplikasi Android utama ibarat Gmail, Maps dan Facebook crash segera sehabis mereka memuat, sementara yang lain ibarat Keep dan Microsoft Word bertahan tanpa batas di layar pemuatan mereka. YouTube memuat tetapi menjadikan kesalahan lantaran tidak mempunyai terusan ke Layanan Google Play. Instagram tidak berfungsi, begitu juga dengan Snapchat. Tapi ada kabar baik! Kami menemukan beberapa aplikasi yang berhasil dari periode pengujian singkat kami:

- Twitter memuat dan beroperasi dengan sempurna. Animasi agak lambat,    ibarat yang Anda harapkan dari perangkat lunak emulasi, tetapi pengalamannya cukup baik.
- Plex juga tampaknya berfungsi. Kami sanggup memutar video di aplikasi dengan sedikit distorsi audio.
- AccuWeather mempunyai beberapa problem berkedip pada waktu tetapi memuat.
- SpeedTest.net berfungsi kalau Anda ingin melaksanakan pengujian kinerja jaringan
- Slack berfungsi dengan baik

Ini yakni Twitter yang dijalankan di ARC Welder di Chrome



Sebagian besar game yang kami uji tidak berfungsi, atau dimuat ke layar hitam. Ini tidak terlalu mengejutkan, lantaran ARC Welder tidak dibangun untuk menangani beban kerja 3D yang rumit. Game lawas ibarat Temple Run memuatnya, tetapi membuatnya sekitar 3 frame per detik dan Anda tidak sanggup melewati layar menu.

Tetapi ARC Welder tidak benar-benar dirancang untuk menjalankan game Android di browser Anda. Sebaliknya, ini yakni alat yang terutama menargetkan pengembang aplikasi yang ingin mem-port aplikasi mereka ke Chrome OS, itulah sebabnya mengapa aplikasi non-game jauh lebih mungkin untuk memuat dan berfungsi dengan benar. Dari semua aplikasi yang kami uji, sekitar 40 persen dari mereka dimuat dan bekerja di ARC Welder.

Akan sangat berkhasiat untuk mencoba aplikasi Android di Chrome kalau Anda tidak mempunyai perangkat Android yang berguna, tetapi itu jauh dari emulator aplikasi Android yang sempurna. Jika ARC Welder berfungsi dengan aplikasi yang ingin Anda uji, itu fantastis, tetapi Anda dihentikan berharap setiap aplikasi dimuat atau berfungsi ibarat yang dimaksudkan dalam alat yang berfokus pada pengembang ini.
Sumber https://idahdeen.blogspot.com/