Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yayasan Pendidikan Al Basyariyah Cemeti Kedokanbunder Indramayu

Yayasan Albasariyah - Salah satu sentra pendidikan formal yang ada di desa cemeti kedokanbunder wetan indramayu yakni yayasan pendidikan al basyariyah, pimpinan dari Hj. marfuah beserta keluarga yang masih gigih untuk bisa membangun pendidikan bagi rakyat indonesia secara luas, Berdiri semenjak dari dulu semanjak aku masih kecil sekali yayasan ini sudah berdiri dan sudah aneka macam mencetak generasi muda yang handal, tentunya dengan wadah pendidikan yang mumpuni.
 Salah satu sentra pendidikan formal yang ada di desa cemeti kedokanbunder wetan indramayu  Yayasan Pendidikan Al Basyariyah Cemeti Kedokanbunder Indramayu

Yayasan pendidikan al basyariyah pada awalnya memang hanya menyediakan sekolah formal madrasah ibtidaiyah (MI) selain pondok pesantren yang dikategorikan sebagai forum pendidikan non formal. Setelah berkembang dengan pesat dan sudah memenuhi syarat pengajuan mendirikan pendidikan madrasah tsanawiayh MTS al basyariah, karenanya mulai merambah ke jenjang itu dan al hamdulillah respon dari masyarakat sekitar sangatlah mendukung sekali. Tentunya dengan adanya sentra pendidikan formal yang berada di tengah tengah desa cemeti kedokanbunder ini akan memperlihatkan manfaat yang jauh lebih baik sekali untuk para calon siswa yang ada di sekitarnya.

Baca Juga :  SMK NU Kaplongan Karangampel Indramayu Jawa Barat

Proses KBM pun hingga kini sudah mulai manis dalam penerapanya di pendidikan yayasan ini, terbuktinya dengan setiap tahunya bisa meluluskan para siswa dengan nilai yang memuaskan, tentunya hal ini tak lepas dari peranan para guru dan pimpinan yayasan yang sangat semangat sekali untuk mendidik para muridnya. Biasanya dalam setiap tahunya yakni tepatnya pada ketika pelulusan anak anakn didiknya selalu diadakan prosesi imtihan sekaligus pelepasan para siswa yang sudah lulus, Tak tanggung tanggung untuk memeriahkan program ini selalu di datangkan tokoh tokoh agama populer yang mengisinya. Seperti pada tahun kemudian dari pihak yayasan mendatangkan pimpinan PBNU Pusat yaitu K.H. Aqiel Sirodj, dan tahun kemudian juga mendatangkan K.H. Maman Imanul Hak.

Untuk lebih jelasnya mengenai pendidikan yang ada di tengah tengah masyarakat desa cemeti kedokanbunder ini, sengaja kami sajikan dalam beberapa belahan sesuai dengan tingkatan pendidikanya yakni :

 

1.     Madrasah Ibtidaiyah ( MI Al Basyariyah )

 

Pendidikan pertama yang ada pada ketika itu memang kondisinya masih sesuai apa adanya, hanya berbekalkan tekad dan niatan yang berpengaruh untuk mendidik anak anak yang ada di sekitarnya. tentunya hal ini menumbuhkan semangat juang para guru untuk selalu memperlihatkan pendidikan kepada anak anak anaknya, apalagi para orang renta meyakinkan untuk di titipkan pada sekolah ini, selang beberapa tahun kemudian barulah mulai merenovasi gedung yang selayaknya dijadikan sebagai sentra pendidikan yang ada.

Akhirnya pada ketika kini ini mulai banyak anak anak yang melanjutkan pendidikanya di tingkat ibtidaiyah ini (MI). Tentunya sudah aneka macam siswa siswa yang sudah di luluskan dari tahun ke tahun yang tepatnya di barengin dengan program imtihan dan haul dari pendiri pendiri yayasan ini terlebih dahulu.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Maj'maul Umah Cemeti Kedokanbunder Indramayu

Madrasah ibtidaiyah al basyariah ini tentunya untuk sekarng bisa bersaing dengan sekolah sekolah formal lainya yang ada di desa tesebut, berada sempurna di sebelah masjid besar desa cemeti dan bersebelahan dengan kantor kepala desanya ini, untuk ketika kini sudah di penuhi oleh siswa siswanya yang sangat antusias menimba ilmu ilmu yang diajarkan oleh gurunya, wal hasil bisa meluluskan anak didiknya untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dan tentunya harus berprestasi.

 

2.     Madrasa Tsanawiyah  Al basyariyah (MTS alba)

 

Tingkatan pendidikan yang kedua dari yayasan pendidikan al basyariyah ini yakni tingkat menengah pertama yakni MTS, sesudah para siswa madrasah ibtidaiyah MI sudah dinyatakan lulus, biasanya selalu di tawarkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang ada di desa saja, alasan ini memang logis sebab jaraknya yang tidak terlalu jauh dan tentunya juga bisa menunjang pendidikan bagi siswanya. Tak heran jikalau kini ini mulai di padati oleh siswa siswa yang berguru di sini, mulai dari jangkauan desa sendiri, dari tetangga desa, tentunya ini yakni rasa kepercayaan para orang renta untuk di titipakan pada forum ini.

Untuk kawasan pendidikanya memang MTS ini berada di tengah tengah desa kami dimana tempatnya sangat strategis sekali dan gampang terjangkau, berada di jalan utama desa cemeti tentunya akan semakin banyak orang yang mengenal bahwa, ini loh kepunyaan desa cemeti memiliki sentra pendidikan formal yang ada, so ngga usah jauh jauh untuk bisa melanjutkan sekolahnya, cukup di desa saja sebab sudah setara dengan pendidikan pendidikan lainya.

 

3.     Sekolah Mengnah Kejuruan Sekolah Menengah kejuruan NU Al Basyariyah

 

Baru gres ini sempurna sekitar 4 tahunan lebih, di desa cemeti sudah di dirikan sekolah menengah keatas, boleh di bilang sebuah apresiasi pendidikan yang ada di desa. Tentunya kita tahu histori dari pendidikan yang ada di desa ini memang sejarahnya kurang begitu manis pada masa yang lalu, kebanyakan para orang renta menitipkan anaknya untuk mendapat pendidikan di luar sana. Namun karenanya dengan berkembangnya zaman dan tentunya SDM dari masyarakat kami sudah mulai maju, karenanya berdirilah sekolah Sekolah Menengah kejuruan NU al basyariyah.

Baca Juga :  Santri Pondok Pesantren Darut Tauhid Yang Ada di Gang 1 dan 2 Arjawinangun Cirebon

Tentunya ini akan menampung para anak muda yang hendak melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi, tanpa harus jauh jauh mencari sekolah yang di tuju. Cukup di desa sendiri saja anda bisa mendaptkan pendidikan yang layak, so tentunya mencetak generasi muda yang handal dan beriman pokoknya yang baik baik lah, so tujuan pendidikan itu memang untuk mencetak generasi muda yang beriman berakhlak dan berkemajuan.

Demikian lah itu merupakan sebuah coretan tangan aku untuk bisa mengangkat desa kami, supaya anda lakas mengenalnya dan ada manfaat yang bisa di ambil, sekian dan Terimakasih.
Sumber https://leptopmurahindramayu.blogspot.com/