Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Santri Pondok Pesantren Khas Kempek Palimanan Cirebon Jawa Barat

Khas Kempek - Salah satu pendidikan tertua di indonesia ialah pondok pesantren, pesantren merupakan wadah bagi masyarakat indonesia untuk menuntut ilmu agama di banyak sekali kawasan di indonesia, dengan kekunoanya ini bisa membuat generasi generasi muda yang handal, berakhlak mulia, disiplin dan memiliki wawasan agama yang mempau menularkan ilmunya kepada siapapun tanpa harus ada embel embel di belakanganya. Pesantren niscaya isinya ialah santriwan dan santriwati, dimana acara kegiatan rutinanya selalu di isi dengan proses mencar ilmu mengajar, tak heran jikalau ada tetangga kita yang mesantren kelakuanya akan lebih baik, alasannya di didik dengan sebenar benarnya sesuai dengan fatwa agama islam.
 Salah satu pendidikan tertua di indonesia ialah pondok pesantren Sejarah Santri Pondok Pesantren Khas Kempek Palimanan Cirebon Jawa Barat

Salah satu pondok pesantren terbesar di jawa barat ialah pondok pesantren khas kempek, dimana alamat lengkap dari pondok ini berada di desa kempek palimanan cirebon, Mengenai sejarah pondok ini, dan siapa pendiri serta perkembanganya kini bagaimana akan kami ulas dalam judul artikel kami ini tentunya akan di bungkus dengan judul sejarah santri pondok pesantren khas kempek palimanan cirebon jawa barat.

Baca Juga : Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon Bekerjasama Dengan Sekolah MTS N dan MAN Model

Sebuah pondok pesantren yang sudah populer semenjak jaman dahulu ini bahu-membahu memiliki keistimewaan yang berdasarkan daypikir tidak lazim dan asing saja, pasalnya di dalam pesantren banyak sekali hal hal yang terjadi di luar budi akal manusia. Contohnya ialah seorang santri yang mungkin tiap hari kerjaanya tidur tiduran saja, eh tau tau sudah mukim di rumah dia jadi seorang kiyai besar, asing kan, tapi itulah di pesantren, terkadang kita tidak bisa mengetahui apa yang di lakukan oleh sebagian santri, biasanya di sebut juga dengan tirakat.

 

1.     Sejarah Pon Pes Khas Kempek 



Kembali lagi pada fokus pembahasan dari pondok pesantren sesuai judul, Sejarah memang menunjukan akan kebenaranya, dimana pondok pesantren kempek ini awal mula berdirinya pada tahun 1908 dimana sang penggagas pondok ini ialah seorang kiyai kharismatik K.H. Harun dan istrinya Ny. Hj. Nafsah. Dimana berada tidak jauh dari sentra keramaian yang berpusat di alun alun palimanan sekitar 14 meter ini di dirikanlah sebuah sentra pendidikan islami (pondok) yang pada waktu awal mulanya mengajarkan ilmu shorof dan sorof serta kitab kuning lainya, kenapa di namakan pondok pesantren kempek, itu diambil dari sebuah desa yang sempurna berada di pondok tersebut nama desanya ialah kempek.

Sejarah mencatat bahwa kiyai harun mengabdikan dirinya untuk mengajarkan ilmu agama di pondok pesantren kempek ini kurang lebih 27 tahunan, dan kesudahannya dia di panggil oleh sang maha kuasa pada tahun 23 maret 1935, dan roda pendidikan pesantren di lanjutkan oleh anaknya yang berjulukan K.H. Yusuf Harun selama beberapa tahun, dan di lanjutkan kembali oleh K.H. Umar Soleh Harun bersama sudara saudaranya untuk bisa membangun pendidikan yang lebih baik lagi dan di ketika inilah mulai diterapkan baca alqur'an dengan teladan kempekan. Nah itulah kenapa di cirebon dan indramayu sekitarnya sangat populer sekali dengan teladan baca al qur'an ala kempekan, mungkin ini ialah jawabanya.

Baca Juga : Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon Salah Satunya Pon Pes Assalafie

Di pondok pesantren kempek ini juga dia menantu K.H. Harun yakni K.H. Aqiel Siroj mendirikan sebuah majlis tarbiyatul mubtadiien yang populer dengan abreviasi MTM. Dalam perkembanganya majlis ini terbagi menjadi 2 pecahan dimana pecahan gempol di beri nama MTM Al Qodiem dan di pecahan palimanan di beri nama MTM Al Jadied, dimana majlis majlis ini di kelola oleh anak tertuanya yaitu H. Ja'far Sodieq Aqiel Siroj dan beberapa bersama adik adiknya antara lain Prof. DR. KH. Said Aqiel Siroj, KH. Moh. Musthofa Aqiel Siroj, KH. Ahsin Syifa Aqiel Siroj, KH. Ni’amillah Aqiel Siroj. Dan tahukan anda kenapa di pondok pesantren populer sekali dengan istilah KHAS, ternyata nama ini diambil pada tahun 2015 dimana janji bersama untuk mendirikan sebuah Yayasan Kyai Haji Siroj yang populer dengan abreviasi KHAS.

Dalam perkembanganya yayasan khas ini memeliki beberapa beberapa model pendidikan yang hingga kini sangat banyak sekali santrinya mulai dari :
  1.    Pengajian Salafi
  2.    Madrasah Tsanawiyah
  3.    Madrasah Aliyah
  4.    Sekolah Menengah Pertama
  5.    Majlis Dirosah Ilmiyah 
  6.    Pondok pesantren Tsaqofah di cianjur
Yang semua itu dibawah naungan pondok pesantren khas kempek palimanan cirebon.

 

2.     Deretan Pengasuh Pondok Pesantren Kempek

 

Berikut ini kami mencoba menggoreskan goresan pena mengenai beberapa pengasuh yang mengelola pondok pesantren khas kempek, dimana di awali dengan beliau:
  •    K.H. Aqiel Siroj
Beliau ialah putra ke tiga dari seorang kiyai pondok pesantren gedongan cirebon yakni K.H. Siroj dan Ny. Hj. Fatimah, mengenai riwayat pendidikan dia semenjak kecil sudah mencar ilmu mengaji dengan ayahnya dan di pondok pesantren gedongan, sehabis memiliki bekal yang cukup dia mulai melanglang buana untuk menimba ilmu di beberapa pondok pesantren yang ada di indonesia, diantara pondok pesantren yang dia datangi adalah

Baca Juga : Gus Azmi dari Pondok Menuju Siar Solawat Bersama Subbanul Muslimin
  1.    Pondok pesantren kempek
  2.    Pondok pesantren kasingan rembang
  3.    Pondok pesantren lirboyo
  4.    Pondok pesantren tebu ireng
Oke hingga di sini dulu mengenai artikel sejarah pondok pesantren khas kempek ini, tentunya lanjutan dari judul artikel ini akan kami tulis pada judul selanjutnya, agar bisa menyebabkan manfaat untuk kita semua, demikian dan Terimakasih.
Sumber https://leptopmurahindramayu.blogspot.com/