Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih baru ? Tidak sedikit yang mengeluhkan akan baterai laptop datang tiba habis sendiri walapun kondisi laptop mati ataupun standby. Tentu dengan insiden dimana baterai laptop berkurang sendiri hingga menciptakan laptop mati lantaran kehabisan baterai tersebut akan menjadikan kegiatan kita menjadi terganggu. Untuk itu kalau laptop merupakan suatu alat yang penting untuk kegiatan sehari - hari kita harus mengetahui cara merawat laptop supaya performa daya baterai laptop tidak cepat habis.

Tidak mengetahui akan bagaimana cara merawat laptop yaitu suatu hal yang menjadi penyebab baterai laptop cepat habis atau ngedrop. Dimana penggunaan yang tidak masuk akal menyerupai bermain game ketika sedang mengisi daya baterai laptop tentu akan menjadikan baterai laptop rusak sehingga menciptakan baterai laptop bocor. Lantas bagaimana cara mengatasi batre ngedrop pada laptop yang kita miliki tersebut ? Pada dasarnya untuk memperbaiki laptop yang cepat habis tersebut tidaklah begitu sulit asalkan kondisi baterai sesuai dengan spesifikasi laptop yang kita miliki.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami pemaNIEZ kOMputer akan mencoba menawarkan solusi supaya baterai laptop tidak cepat habis dan sanggup kembali normal. Cara yang kami gunakan kali ini merupakan cara dasar dalam merawat laptop yang sanggup kita lakukan sendiri. Kaprikornus langkah yang kami lakukan ini sanggup dipakai untuk memperbaiki baterai laptop yang cepat berkurang pada windows 7, 8 ataupun windows 10. Mari pribadi saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki baterai laptop yang drop tersebut di bawah ini.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih gres Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

Layaknya sebuah smartphone, kita perlu merawat laptop yang kita miliki supaya problem yang tidak kita inginkan terjadi pada laptop yang kita miliki tersebut. Meskipun penyebab laptop cepat panas dan baterai sering habis memang sangat beragam, kita tentu akan sanggup memperbaiki baterai laptop yang bocor sehingga sering mati mendadak apabila kita mengetahui akan cara merawat laptop yang kita miliki. Namun kita tidak perlu meratapi apa yang sudah terjadi lantaran baterai laptop gres terkadang juga akan mengalami cepat habis atau ngedrop tersebut. Untuk itu mari pribadi saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi baterai laptop yang bocor dan memperbaiki baterai laptop yang cepat habis, sebagai berikut :

Solusi supaya baterai laptop tidak cepat habis


1. Penyebab baterai laptop bocor

Sebelum kita memulai untuk mengatasi laptop sering kehabisan daya baterai, alangkah lebih baiknya kalau kita mencari tahu terlebih dahulu kenapa baterai laptop datang tiba habis tersebut. Diantaranya yaitu :

>> Menggunakan laptop dikala di-charger
  • Itu juga berisiko baterai laptop akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari

>> Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong
  • Ini juga sangat berpotensi menciptakan baterai laptop cepat rusak

>> Penggunaan laptop yang berlebihan
  • Laptop bekerjsama diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak dipakai untuk bekerja seharian. Bukan untuk kegiatan menyerupai bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali laptop gaming

>> Peletakan laptop yang salah
  • Laptop mengeluarkan hawa panas dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas materi yang empuk menyerupai di bantal atau kasur sanggup mengakibatkan ajaran hawa panas terganggu

2.  Cara memperbaiki baterai laptop yang bocor

Jika baterai laptop yang cepat habis tersebut terjadi lantaran salah satu penyebab laptop cepat ngedrop diatas maka solusi untuk mengatasi daya baterai laptop simpel drop / cepat habis tersebut yaitu dengan melaksanakan kalibrasi baterai laptop. Cara melaksanakan kalibrasi baterai laptop itu sendiri tidaklah terlalu sulit, supaya lebih jelasnya mari pribadi saja kita ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

>> Isi Penuh Baterai Laptop
cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih gres Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

  • Cara mengatasi baterai laptop yang bocor pertama yaitu charger baterai laptop kau hingga penuh 100%. 
  • Kalau gres sebentar sudah penuh, maka untuk memastikan bahwa baterai laptop kau benar - benar penuh kita tunggu lagi selama 2 jam.

mungkin anda tertarik :
Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tanpa Di Charge

>> Mengatur Daya
cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih gres Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis berikutnya, kita perlu untuk mengatur opsi daya di laptop Windows dengan cara :

  • Klik tanda baterai dan aktifkan ke modus balance
  • Setelah itu atur "Turn off the display" di baterai "Never dan Put the computer to sleep" menjadi "Never". 
  • Kita juga sanggup menemui pengaturan power melalui control panel.

>> Menyiapkan Hibernate & Low Battery Option
cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih gres Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

Cara memperbaiki baterai laptop yang rusak selanjutnya yaitu konfigurasi pilihan Hibernate dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Power Options >> Change Plan Settings >> Advance Settings >> Battery >> Set it to hibernate >> Lalu, atur Low battery level 5%.

>> Biarkan Sampai Baterai Laptop Habis
cara mengatasi baterai laptop cepat habis padahal masih gres Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Sendiri Padahal Masih Baru

Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh hingga habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kita akan memperlihatkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Untuk melaksanakan kalibrasi baterai laptop cepat habis tersebut, ikuti cara berikut ini :


  • Biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya. 
  • Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. 
  • Isi baterai hingga penuh lagi 100%. 
  • Selama proses kalibrasi pastikan kita tidak memakai komputer sama sekali. 
  • Sekarang proses kalibrasi baterai telah tamat dan kita sanggup mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.

3. Install Smarter Battery

Apabila kita sudah melaksanakan kalibrasi baterai laptop tapi kondisi baterai laptop masih ngedrop atau cepat habis maka sanggup disebabkan lantaran adanya problem pada perangkat lunak. Kaprikornus perlu untuk kami ingatkan disini bahwa cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis tidak bisa menciptakan baterai yang memang sudah lama atau rusak lantaran faktor umur kembali menjadi cantik lagi.

Untuk itu sesudah kita melaksanakan kalibrasi baterai laptop tidak ada salahnya kalau kita menginstall software Smarter Battery. Smarter Battery merupakan utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk menawarkan semua data baterai kepada si pengguna. Selain sanggup dipakai untuk membantu memperpanjang hidup dan menghemat baterai, Smarter Battery ini juga berfungsi untuk menawarkan citra yang sangat lengkap ihwal kehidupan baterai laptop yang kita miliki. Supaya data ini akurat, utilitas ini harus terus berjalan sepanjang waktu pada laptop yang kita miliki tersebut.

artikel menarik lainnya :

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja kita membahas ihwal baterai laptop cepat habis tersebut. Perlu untuk kita ketahui bahwa biasanya hasil dari kalibrasi ini berbeda setiap laptop, namun rata - rata sanggup meningkatkan kemampuan baterai laptop hingga 30 - 40%. Sekian dan terima kasih ..