Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Solusi Komputer Sering Mati Sendiri

Komputer mati sendiri - Bagaimana cara mengatasi komputer yang sering mati sendiri ? Tentu kita pernah mengalami tragedi dimana komputer datang tiba mati dan tidak sanggup hidup lagi dan sehabis dihidupkan kembali problem tersebut muncul kembali. Bagi seorang pekerja yang menjadikan perangkat komputer sebagai alat kerja niscaya akan merasa jengkel bila ketika sedang bekerja mendadak komputer mati sendiri dan hidup lagi. Terlebih lagi bila komputer sering restart sendiri tersebut tidak menyimpan data yang sedang kita kerjakan.

Layaknya sebuah smartphone, perangkat komputer dan laptop tidak akan terlepas dari problem error yang dikarenakan gangguan pada software maupun hardware. Dimana error pada perangkat tersebut menciptakan komputer datang tiba mati tapi cpu masih hidup dan bahkan menjadikan komputer mati total. Lantas apa yang menjadi penyebab komputer mati sendiri sehabis beberapa menit tersebut ? Pada pada dasarnya semakin sering memakai komputer dengan beban berlebih akan menciptakan cpu bekerja keras dan menjadi cepat panas sehingga memicu munculnya error komputer tidak sanggup hidup tersebut.

Oleh lantaran itu pada kesempatan kali ini kami melalui blog Niezom akan mencoba membuatkan solusi komputer mati mendadak yang sedang kita alami. Akan tetapi sebelum kita mengulas lebih jauh pastikan kita melaksanakan mekanisme penggunaan komputer ataupun laptop dengan baik dan benar terlebih dahulu. Salah satunya ketika akan melaksanakan proses shoutdown lantaran bila kita terburu - buru untuk mematikan komputer dimana komputer mati secara mendadak sanggup mengakibatkan malfungsi pada software maupun hardware. Mari eksklusif saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab komputer sering restart sendiri berikut ini.

Penyebab Dan Solusi Komputer Sering Mati Sendiri

cara mengatasi komputer yang sering mati sendiri Penyebab Dan Solusi Komputer Sering Mati Sendiri

Sebenarnya bila kita membahas problem komputer yang sering mati sendiri akan terdapat beberapa tragedi dari problem tersebut, misalnya saja menyerupai komputer mati mendadak dan tidak sanggup dihidupkan kembali, komputer mati mendadak namun kemudian hidup lagi serta komputer ataupun laptop yang mati pada ketika booting. Namun kali ini kami akan menunjukkan klarifikasi mengenai problem mengapa pc sering mati mendadak dan tidak hidup lagi. Penyebab awal dari mendadak komputer hidup sebentar kemudian mati kembali tersebut sering dikarenakan sumber tegangan listrik yang tidak stabil. Akan tetapi bila kita yakin tidak ada problem pada tegangan arus listrik maka terdapat kemungkinan problem perangkat pc yang sering mati sendiri tersebut disebabkan lantaran adanya error pada software maupun hardware, menyerupai :

Memperbaiki PC Yang Mendadak Mati Sendiri


1. Tegangan listrik yang tidak stabil

Kelebihan ataupun kekurangan tegangan listrik merupakan penyebab utama dari problem komputer sering mati sendiri tersebut. Terutama bila kita menggunkan perangkat komputer yang memang membutuhkan daya yang besar. Oleh lantaran itu bila komputer mati sendiri secara datang - datang terdapat kemungkinan besar lantaran power supply pada PC tidak memperoleh daya dan juga tegangan yang cukup.

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri Karena Tegangan Listrik Tidak Stabil :
  • Untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya anda memakai stablizer eksterna untuk menyalakan PC yang kita miliki. Stabilizer sanggup membantu menstabilkan arus listrik dan juga jumlah daya yang masuk ke dalam power supply suatu komputer, sehingga sanggup mencegah dan mengatasi permasalahan komputer sering mati sendiri akhir kelebihan atau kekurangan tegangan dan juga daya listrik.

2. Over temperatur di potongan CPU

Jarang orang mengetahui bila ternyata cpu yang terlalu panas merupakan penyebab umum dari komputer yang sering mati sendiri. Terlalu banyak menjalankan jadwal yang mempunyai spesifikasi tinggi, akan tetapi CPU kita gunakan hanya berpengaruh untuk menjalankan software dengan spesifikasi sedang ialah salah satu yang menjadi penyebab CPU yang terlalu panas tersebut. Dalam kondisi menyerupai itu akan menimbulkan Fungsi CPU bekerja terlalu berat sehingga menciptakan CPU yang kita miliki menjadi cepat panas. Makara bila komputer kita mati sendiri, kegagalan fungsi lantaran CPU yang panaslah penyebab utamanya.

Disamping beban berlebih lantaran penggunaan, cpu menjadi gampang panas juga berasal dari kondisi kipas atau fan di dalam komputer yang tidak baik. Makara bila komputer yang datang - datang mati sendiri lantaran suhu di dalam cpu terlalu panas berasal dari CPU yang tidak memperoleh sistem pendinginan yang pas dan sesuai.

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri Karena CPU Terlalu Panas :
  • Untuk mengatasi hal ini, maka yang wajib kita lakukan ialah mengurangi beban kerja komputer ketika sudah mencapai suhu yang tinggi. Hal ini sanggup kita lakukan dengan cara menutup aplikasi yang sanggup memberatkan kerja dari komputer yang kita miliki.
  • Cara kedua ialah kita sanggup menambahkan kipas atau fan extra untuk membantu mengoptimalkan proses pendinginan pada sistem komputer tersebut. Kita sanggup memakai notebook cooler, ataupun menunjukkan pemanis kipas di dalam komputer, apabila kita mempunyai sebuah PC.

Tips Smartphone : Cara Menghilangkan Noda Hitam Pada Layar LCD Hp Android

3. Virus

Salah satu yang menjadi penyebab komputer yang sering mati sendiri ialah terdapatnya virus di dalam PC yang kita miliki. Ciri - ciri komputer yang terkena virus ialah salah satunya bila datang - datang menjadi lemot. Akan tetapi bila kondisi virus sudah menyebar dengan tingkatan yang parah sanggup menjadikan komputer menjadi cepat panas dan lemot sehingga gangguan komputer error menyerupai sering mati sendiri akan muncul.

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri Karena Virus :
  • Untuk mengatasinya, tentu saja kita sebagai user harus aware terhadap kondisi ini. Selalu gunakan antivirus yang baik dan berkualitas, dan selalu lakukan update antivirus secara terpola untuk mencegah bisul lebih lanjut dari virus.

4. Kerusakan pada sistem operasi (windows)

Selain beberapa penyebab komputer mati mendadak diatas, kerusakan pada software juga merupakan salah satunya. Sering kali software komputer yang error ini lantaran adanya sistem operasi yang mengalami corrupt. Banyak hal yang menjadikan penyebab sistem operasi corrupt salah satunya lantaran proses install dari software tesebut yang tidak benar, atau tidak kompatibel dengan komputer yang kita miliki.

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri Karena Kerusakan pada sistem operasi (windows) :
  • Melakukan proses install dengan sempurna dan juga benar
  • Menggunakan software yang kompatibel
  • Gunakan fitur troubleshooting untuk mengecek permasalahan pada software
  • Melakukan proses install ulang pada sistem operasi

5. Kerusakan pada hardware

Dan yang terakhir penyebab komputer sering mati sendiri ini ialah lantaran adanya kerusakan pada perangkat hardware. Kerusakan hardware menyerupai Ram komputer, merupakan penyebab lainnya dari komputer yang sering mati sendiri. Kerusakan hardware sanggup terjadi lantaran hardware yang tidak kompatibel, atau pun proses penginstallan hardware yang salah mekanisme sehingga menimbulkan hardware menjadi malfungsi.

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri Karena Kerusakan Hardware :
  • Gunakanlah hardware yang kompatibel dan juga sesuai dengan spesifikasi umum dari komputer yang kita miliki. Apabila mungkin, selalu cek pemasangan socket - socket dari hardware biar tidak terjadi error pada ketika komputer dijalankan dan mengalami tanda-tanda mati sendiri.

mungkin anda tertarik :

UPDATE 

Berikut beberapa pemanis penyebab komputer yang datang tiba mati sendiri dan hidup lagi dari kumpulan sumber yang kami terima, diantaranya ialah :

Overheating

Overheating atau keadaan dimana komputer terlalu panas, sanggup dikarenakan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

  • Debu yang menumpuk
  • Kipas/ Fan Processor Rusak
  • Pasta Processor (Thermal Paste) Kering
  • Komputer bekerja terlalu berat

Komponen Bermasalah

  • Permasalahan Pada Power Supply/ Adaptor
  • Permasalahan pada VGA
  • Permasalahan pada Hardisk
  • Permasalahan pada RAM
  • Permasalahan pada Motherboard
  • Permasalahan Pada Processor

Program Mengalami Crash

baca juga :
  1. 5 Cara Menyalakan Wifi Laptop Paling Gampang
  2. Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba

Demikian beberapa penyebab komputer sering hang dan mati sendiri yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami ini sanggup menunjukkan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..