Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan Laptop Dengan Tombol Power Yang Tidak Berfungsi

Laptop tidak mau hidup - Bagaimana cara menghidupkan laptop bila tombol power tidak berfungsi ? Bagi pengguna laptop tentu pernah mengalami problem laptop susah dihidupkan meskipun sudah menekan tombol power pada laptop berulang kali untuk mencoba menyalakan perangkat tersebut. Masalah laptop tidak menyala dikala ditekan tombol power niscaya akan menciptakan kita panik dan berpikir bahwa laptop yang kita miliki telah rusak. Padahal laptop yang tidak sanggup hidup dikala tombol power dipejet tersebut sanggup saja berasal dari switch power laptop yang rusak ataupun kerusakan softwarenya saja alasannya ialah terkadang laptop tidak mau menyala tapi lampu power hidup.

Memang tidak sedikit penyebab laptop tidak menyala dikala ditekan tombol power tersebut maka dari itu diharapkan sebuah pengecekan semoga kita sanggup menemukan sumber permasalahnnya. Hal ini dikarenakan terkadang tombol power laptop yang tidak berfungsi tersebut hanya dikarenakan tombol power laptop tidak menyala sehingga kita tidak sabar dan tidak melanjutkan menekan switch on laptop tersebut. Lantas adakah tombol alternatif untuk menyalakan laptop yang mengalami problem pada tombol powernya tersebut ? Namun bila problem laptop tidak sanggup hidup tersebut dikarenakan tombol power yang rusak maka mengganti tombol power laptop ialah salah satu solusi termudah untuk dilakukan sendiri.

Oleh alasannya ialah itu pada pertemuan ini pemaNiez kOmputer kali ini akan mencoba menunjukkan solusi bagi pengguna laptop yang mengalami problem pada tombol power di perangkat tersebut. Perlu untuk kita ketahui bahwa sebelum kita mencoba untuk mengganti switch power laptop yang tidak berfungsi tersebut alangkah baiknya bila kita menyidik pada pecahan lain terlebih dahulu. Misalnya saja pada baterai laptop, bila kita tidak menyadari bahwa penggunaan baterai sampai kosong alias 0% tentu seberapa kali dan usang kita memejet tombol power tentu laptop tetap tidak akan mau hidup. Untuk itu mari eksklusif saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai beberapa cara mengatasi laptop tidak sanggup hidup padahal sudah menekan tombol power berulang kali di bawah ini.

Cara Menghidupkan Laptop Dengan Tombol Power Yang Tidak Berfungsi

cara menghidupkan laptop bila tombol power tidak berfungsi Cara Menghidupkan Laptop Dengan Tombol Power Yang Tidak Berfungsi

Perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab tombol power ibarat tidak berkerja alasannya ialah laptop sulit hidup meskipun tombol power sudah ditekan memang sangatlah beragam. Oleh alasannya ialah itu, pada ulasan di bawah ini kami akan berikan penyebab dari kondisi tombol power laptop yang tidak berfungsi lengkap dengan cara mengatasi problem laptop sulit dinyalakan tersebut.

Penyebab dan cara memperbaiki laptop yang susah dihidupkan


1. Baterai Laptop Bocor

Salah satu penyebab kita sulit untuk menghidupkan laptop dikala ditekan tombol power ialah baterai laptop yang sudah mulai mengalami kebocoran. Oleh alasannya ialah itu untuk menciptakan laptop sanggup hidup kembali simak pada ulasan berikut ini :

  • Nyalakan laptop eksklusif memakai adaptor bawaan laptop tanpa memakai baterai
  • Ganti baterai laptop dengan baterai yang gres dan berkualitas

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Apabila kita mencoba menghidupkan laptop tanpa tombol power dengan metode yang pertama diatas maka pastikan tegangan dan juga daya listrik rumah kita cukup untuk menyalakan laptop tersebut. Namun bila laptop masih tidak sanggup dihidupkan / menyala maka terdapat kemungkian bahwa tegangan dan arus listrik di rumah kita tidak stabil. Maka dari itu bila kita ingin menyalakan laptop tanpa memakai baterai dan tombol power tersebut, langkah yang perlu dilakukan ialah :

  • Gunakan dukungan stabilizer untuk membantu menstabilkan teganagan dan arus listrik rumah kita sehingga laptop akan sanggup menyala kembali

Mungkin anda tertarik :

3. Terdapat Kerusakan Hardware Pada Laptop

Berikut ini ialah beberapa pecahan pada perangkat keras laptop milik kita yang mana bila mengalami kerusakan seringkali mengakibatkan laptop tidak mau menyala, sehingga hal tersebut akan terkesan ibarat tombol power pada laptop tidak sanggup berfungsi. Komponen - komponen tersebut ialah :

  • Motherboard
  • Harddisk 
  • RAM 
  • Processor
  • Chipset

4. Tombol Power Laptop Rusak

Dan yang terakhir dari penyebab laptop susah hidup ialah alasannya ialah adanya kerusakan pada pecahan switch / tombol power laptop tersebut. Berikut ini ialah beberapa penyebab tombol power laptop tidak menyala, diantaranya :

  • Tombol power yang patah
  • Bagian tombol power yang berdebu dan kotor
  • Switch tombol power mengalami kerusakan

Oleh alasannya ialah itu untuk mengatasi problem yang terjadi pada tombol power laptop tersebut, beberapa hal yang perlu untuk kita lakukan ialah dengan membongkar laptop dan melaksanakan :

  • Membersihkan area tombol power laptop
  • Mengganti switch power laptop
  • Mengganti tombol power laptop, apabila memang patah dan mengalami kerusakan

baca juga :

Akan tetapi bila kita tidak yakin untuk melakukannya, kita masih sanggup untuk menghidupkan laptop tersebut apabila memang sumber permasalahnya berasal dari tombol power yang rusak. Berikut ini ialah langkah - langkah menghidupkan laptop yang tombol powernya rusak, diantaranya :

Cara menghidupkan laptop bila tombol power tidak berfungsi

  1. Hubungkan laptop eksklusif pada arus listrik
  2. Setelah itu sambungkan keyboard eksternal, sanggup memakai Keyboard Kabel Atau Keyboard Wirelless
  3. Masuk ke dalam BIOS dengan menekan tombol "F12, DEL, Dan F2" tergantung tipe laptop yang kita miliki
  4. Setelah masuk BIOS, masuk ke hidangan power management setup. Untuk lebih jelasnya sanggup kita lihat pada gambar berikut ini 
  5. Di dalam Power Management Setup ganti "PS2 Keyboard Power ON" menjadi "Enable". Setelah itu kita akan menerima sebuah tampilan untuk mengisi tombol "opsional, sanggup diisi sesuai yang kita inginkan" alasannya ialah tombol tersebut yang nanti dipakai untuk menghidupkan laptop
  6. Save dan keluar dari BIOS 

Demikian pertemuan kita kali ini yang gres saja mengulas perihal solusi dari problem tombol power laptop yang tidak berfungsi. Jika langkah di atas belum juga membuahkan hasil maka tidak ada salahnya bila kita membawa laptop tersebut ke kawasan service untuk dilakukan investigasi dan pengecekan yang lebih lanjut, sekian dan terima kasih ..