Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Hari Jum’At Bagi Umat Muslim Di Dunia

Sebenarnya jumlah hari dalam satu minggu itu ada 7 hari dimulai hari senin hingga ahad, itulah yang secara umum dikenal di indonesia, Namun dari 7 hari tersebut ada hari yang sangat istimewa dalam satu minggunya bagi umat islam ialah hari jum’at. Yah menyerupai yang sedang kita jalani ini, dimana hari yang sangat cerah sekali sempurna di tanggal 13 Desember 2018 di kota cirebon, Tampak matahari mulai menampakan wajahnya sehingga memperlihatkan kehangatan bagi masyarakat sekitar setelah tadi malam di landa gerimis ringan. Tentunya akan semakin segar jikalau tadi kita bangkit di pagi hari. Layaknya seorang muslim akan selalu bangkit di awal waktu untuk melaksanakan solat subuh sebagai kewajibanya.

Sebenarnya jumlah hari dalam satu minggu itu ada  Keutamaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim Di Dunia
Apalagi bertepatan dengan malam jum’at yang kita tahu banyak sekali keistimewaan didalamnya jikalau kita mau mengkaji lebih dalam. Yah memeng bahwasanya semua hari itu baik semua, Namun dalam islam hari jumat ialah hari yang sangat dinanti nantikan oleh seorang muslim. Seperti halnya nabi kita bersabda “ Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian ialah hari jumat, Maka perbanyaklah solawat kepadaku. Dari hadist diatas tentunya kita sebagai orang islam haruslah mengikuti sunnahnya. Nah pada kesempatan goresan pena ini kami akan bersama sama mengingatkan khusunya kepada saya pribadi dan untuk kalangan umum bahwa banyak sekali keistimewaan di hari jum’at ini, Yuuuuk kita sebutkan satu persatu dibawah ini :

Hari Yang Sangat Baik


Hari jum’at ialah hari dimana rajanya hari, boleh lah dikatakan begitu, alasannya ialah di hari ini merupakan harinya orang muslim. Berbagai kebaikan kebanyakan akan diturunkan dan dilakukan pada hari ini, Sejarapun banyak yang terjadi di hari jumat ini. Seperti penciptanan nabi adam juga terjadi di hari jumat dan ia dimasukan kesurga juga di hari itu, lebih lebih ketika di final kehidupan insan di dunia ini terjadi hari kiata pada hari jum’at pula, alasannya ialah itulah kenapa banyak sekali kebaikan yang terjadi di hari jum’at.

Baca Juga : Kewajiban Mendengarkan Khutbah Jum'at

Biasanya pada malam jum’at ini banyak sekali acara kegiatan keagamaan yang sifatnya sakral. Sebut saja di desa kami Kedokanbunder, setiap kali tiba hari jum’at mulai dari sore hari hingga menjelang hari sabtunya banyak sekali dilakukan mujahadah bersama di musola musola tempat tinggal kami. Rincianya ialah ketika menjelang sore banyak sekali warga masyarakat kami berbondong bondong berziyarah kemakam keluarga yang sudah meninggal, hal ini dilakukan semenjak jaman dahulu dimana tujuanya untuk mendoakan keluarga yang sudah mendahului kita.

Sebenarnya jumlah hari dalam satu minggu itu ada  Keutamaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim Di Dunia


Dilanjut setelah solat magrib berjamaah dan disambung dengan tahlil bersama jama’ah dengan khusu’ akan menciptakan suasana keagamaan menjadi sangat kental, setelah itu biasanya akan dibacakan surat yasin bersama untuk bersama sama bermunajat kepada allah atas apa yang diminta.

Baca Juga : Hari Hari Bersejarah Sepanjang Kehidupan Masyarakat Indonesia

Dan ketika waktu isya tiba dilanjut dengan adzan dan sesudahnya solat giliran para cowok untuk melaksanakan rutinan bersama yaitu pembacaan albarjanzi atau simtud durror sebagai bukti kecintaan kita kepada nabi muhammad SAW, alasannya ialah sesuai sabdanya perbanyaklah bersolawat kepadaku.

Tepat Pada hari Jum’at Dilaksanakanya Solat Jum’at berjamaah di Masjid


Setelah malamnya banyak sekali melaksanakan acara keagamaan, sekarang tiba saatnya bagi kaum laki laki untuk menunaikan ibadah solat jum’at secara berjamaah. Manfaatnya untuk sanggup menambah ukuwah islamiyah alasannya ialah bertemu dengan muslim lainya. Biasanya salat jum’at dilakukan dimasjid agung atau masjid besar di desa masing masing. Dimana disetiap desa biasanya ada satu masjid yang besar untuk melaksanakan ibadah solat jum’at.

Sejarah menuliskan kata jum’at berasal dari kata jama’a artinya berkumpul, Nah benar kan hari jum’at itu didalamnya akan dilaksanakan solat jumat, dimana akan berkumpul umat muslimin untuk sanggup berjama’ah solat jumat sesuai dengan sejarahnya pada waktu itu nabi adam dan siti hawa bertemu di jabal rahmah.


Didalam hari jum’at ini juga ada kesunahan yang sangat ringan sekali loh untuk dilakukan kita, ialah mandi di hari jumat, silahkan lakukan mandi mulai masuknya hari jum’at hingga selesainya mendengarkan khutbah jumat, hal ini harusnya anda lakukan untuk sanggup mendapat ampunan dosa di dua hari ju’at, Nah sangat ringan sekali kan kesunahan mandi di hari jum’at ini, tak ada alasan untuk tidak melaksananya yah. Oleh alasannya ialah itu seharusnya ketika kita mandi dihari jumat untuk di niatkan mandi jum’at yah sobat, supaya mendapat ampunan dari allah swt dan mendapat pahala.

Satu lagi nih sobat dalam keistimewaan solat jumat ini ialah kita akan di hitung langkahnya ketika menuju masjid, so sebaiknya ketika kita berangkat ke masjid di sarankan untuk jalan kaki saja yah, alasannya ialah dalam setiap langkah kita menuju masjid akan mendapat pahala solat dan puasa dalam satu tahun loh sobat, sungguh murah sekali allah memperlihatkan kebaikan kepada kita yah di hari jum’at, Makanya jangan heran kalau hari jum’at itu di sebut dengan sayyidul ayyam.

Semua Do’a Akan di Ijabah


Jika hati anda merasa bimbang, terjepit banyak sekali duduk masalah di dunia ini, segeralah ambil air wudlu, solat dan bermunajat kepada allah, apalagi hal ini di lakukan secara khusu’ di hari jum’at. Itulah salah satu ajuan berdoa kepada allah supaya di ijabah atau di terima padanya. Hari jumat dimana hari yang penuh keberkahan ini allah menjanjikan akan mengabulkan semua doa’ do’a kita yang sungguh sungguh meminta kepadanya.

Sebenarnya jumlah hari dalam satu minggu itu ada  Keutamaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim Di Dunia


Seperti halnya sabdanya nabi muhammad saw kurang lebih demikian waktu mustajab dia di hari jum’at : waktunya ialah antara duduknya imam ketika khutbah  hingga selesainya di tegakan solat jum’at, kurang lebih demikian, so kalau solat jum’at dilaksanakan segeralah bermunajat kepadanya mintalah apa yang anda harapkan dan anda cita citakan untuk anda, keluarga dan kemaslahatan umum, pasti allah akan mengabulkanya yah, Ingat jangan ngoblo saja yah kalau khotib lagi khutbah.

Bersedekahlah di hari Jum’at


Sebenarnya beramal tidak harus menunggu hari jumat yah sob, selagi ada kesempatan dan rezeki yang lebih sebaiknya dipersilahkan untuk bersedekah, alasannya ialah dengan beramal secara tidak sadar harta kita akan semakin bertambah, bukan malah berkurang yah sobat, INGAT ITU....!!!!!!!!. Bersedekah pada hakikatnya juga memang untuk sanggup melatih kita menyebarkan dengan sesama yang membutuhkan, kelebihan rizki yang allah berikan kepada kita sebaiknya kita juga harus membalasnya dengan memperlihatkan kepada orang yang membututuhkan, selain hal ini kita akan mendapat pahala, tentunya juga akan berimbah kesenangan dan kekaguman orang lain kepda kita secara tidak langsung, So..... bersedekahlah alasannya ialah Lilahita’ala yah sobat, jangan alasannya ialah apa apa.

Baca Juga : Telah Datang Musim tandur Di Wilayah Corebon dan Sekitarnya

Menjalankan atau beramal di hari jum’at ini sama halnya kita beramal di Ramadan loh sobat yang pahalanya di lipat gandakan. Satu kebaikan sanggup mampu berjuta juta kebaikan, gimana sobat tertarik ngga, pastinya dong yah, mau kapan lagi kesempatan ini kita lakukan, so jangan terlewatkan untuk beramal di hari jum’at yah.

Sebenarnya jumlah hari dalam satu minggu itu ada  Keutamaan Hari Jum’at Bagi Umat Muslim Di Dunia


Nah bagi sobat yang hendak melaksanakan solat jum’at berjama’ah hendaknya membawa uang secukupnya, alasannya ialah biasanya di dalam masjid akan berjalan kotak jariyah. Apakah ini juga ada di masjid masjid sahabat, pastinya iya dong, Ini ialah pelajaran yang sangat berharga bahwasanya untuk kita dimana kita di suruh untuk beramal di hari jum’at itu, yang pastinya pahalanya sangat tidak diragukan lagi. Bawalah uang secukupnya, kasihkan kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Keberkahan di Turunkan


Bukti dari keberkahan yang di turunkan di hari jum’at ini ialah ketika pada waktu tadi rasanya di tempat kami sejuk sekali, dan alhasil ketika agak siang menampakan kecerahan matahari yang menyinari bumi ini, dimana kelihatan segar sekali udara yang sangat segar sekali. Tumbuh tubuhan sudah mulai berkembang dan pastinya akan berbuah di kemudian hari.

Keberkahan yang di turunkan oleh allah di hari jum’at ini jangan hingga terlewatkan yah, dengan di isi acara kegiatan faktual di dalamnya, So manfaatkan kesempatan yang ada yah.

Itulah beberapa keistimewaan yang ada di hari jumat yang mubarok ini, agar sanggup diambil pelajaran didalamnya, sekian dan Terimakasih.


Sumber https://leptopmurahindramayu.blogspot.com/