Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Smk Plus Fatahillah Jagapura Gegesik Cirebon Jawa Barat

SMK Fatahilah - Berbagi warta mengenai sebuah sekolah menengah kejuruan yang posisinya sangat jauh sekali dengan kota cirebon tentunya Sekolah Menengah kejuruan Fatahilah ini, berada di perbatasan antara kabupaten cirebon dan kabupaten indramayu, tepatnya berada di desa jagapura kecamatan gegesik cirebon ini tak kalau bagusnya dengan sekolah kejuruan yang berada di tengah tengah kota.

Sekolah Menengah kejuruan plus fatahilah orang biasa mengenalnya, merupakan sekolah kejuruan yang menjadi favorit bagi masyarakat jagapuran dan gegesik sekitarnya ini, memang berdiri belum lama, bahkan mungkin berdasarkan kami belum berumur 20 tahun berdiri, namun perannya sebagai wadah bagi generasi muda yang ingin menimba ilmu di sana sangat anggun sekali, mulai di lihat dari aspek kedisiplinan dan pengajaran kepada siswanya sangat ketat sekali. Penerapan pendidikanya pun berbeda dengan yang lainya. Salah satu pola yang menjadi pembeda dengan sekolah sekolah lainya adalah, di setiap paginya selalu rutin mengadakan ngaji bersama atau membacakan al barjanzi sebelum di mulainya proses berguru mengajar.

Baca Juga : Yayasan Pendidikan Al Basyariyah Cemeti Kedokanbunder Indramayu

Untuk lebih lengkapnya mengenai profil dari Sekolah Menengah kejuruan plus fatahilah jagapura ini, berikut kami bagi dalam beberapa sub judul, yang pertama :

 

1.     Sejarah Sekolah Menengah kejuruan Plus Fatahilah Jagapura

 

Kebutuhan akan pendidikan di tengah masyarakat memang sangat diharapkan untuk sebuah wadah dimana akan terjadi proses berguru mengajar antara siswa dan guru, secara formal memang sebuah sekolah yang gres berdiri akan menargetkan beberapa siswanya terlebih dahulu dari masyarakat sekitar, menyerupai halnya sekolah ini, persis berada di desa jagapuran gegesik tentunya awal penargetan siswanya dari desa tersebut, tentunya juga akan semakin di liat oleh masyarakat luas, kalau sekolah tersebut memiliki kedisiplinan dan output yang anggun maka jangan heran saat sekolah ini belum usang sudah memiliki berbagai siswa didiknya.

Yah sekolah Sekolah Menengah kejuruan Fatahilah Jagapura berdiri pada tahun 2007 tepatnya pada tanggal 15 januari, dimana sekolah ini bisa bersaing dengan sekolah sekolah lainya, termasuk juga Sekolah Menengah kejuruan Nasrul Ulum yang jaraknya tidaklah jauh dengan sekolah Sekolah Menengah kejuruan Plus Fatahilah. Dengan tangan kepala sekolah yang berjulukan Saeful Aziz dan di bantu dengan Ais Hamidah Purnama Sari sekolah ini bisa berkembang dengan cepat sekali, dengan penerapan pendidikan dan kedisiplinan terhadap anak didiknya, so bisa menghasilkan output yang anggun sekali dengan bukti berbagai anak didiknya yang sudah bekerja di beberapa kota besar di indonesia, salah satunya di perusahaan otomotif dan epson yang ada di jabotabek.

Baca Juga : SMK NU Kaplongan Karangampel Indramayu Jawa Barat

Sebelum beranjak lebih jauh lagi mengenai Sekolah Menengah kejuruan Fatahilah tentunya kita tidak akan melupakan bahwa siapa sih yang mempelopori berdirinya sekolah ini, dia yaitu Drs. H.A. Sadili. S, Kiyai Fathurrahman, dan Duri Syahid yang dengan begitu semangat membangun sekolah ini, mereka berjuang bersama untuk bisa membangun sebuah pendidikan yang nantinya akan mengantarkan masyarakat sekitar untuk bisa menimba ilmu di sana.

 

2.     Pilihan Jurusan Sekolah Menengah kejuruan Fatahilah Plus

 

Bagi siswa yang hendak masuk ke sekolah ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jurusan pendidikan khusus yang ada di sana, dimana terdapat dua kategori jurusan yang di tawarkan,
  •    Yang pertama Jurusan Mekanik Otomotif : Mereka di arahkan untuk menguasai beberapa hal yang berkaitan dengan otomotif, baik itu kendaraan beroda empat atau sepeda motor.
  •    Yang kedua Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan : Para siswa di didik untuk bisa menguasai beberapa hal yang berkaitan dengan teknik komputer dan jaringan
Dari dua jurusan ini tentunya sudah berbagai para alumni yang sudah sukses bekerja di beberapa daerah, salah satunya pada pabrik pabrik terbesar dan ternama yang ada di wilayah jabotabek, menyerupai Yamaha, Hoda, Hyundai, Daihatsu, Epson dan lain lain. Hal ini menerangkan keberhasilan dari menejeman dan para pengajar yang mengantarkan anak didiknya menjadi alumni yang sukses.

 

3.     Pengembangan Bakat

 

Sebuah sekolah pastinya akan memperlihatkan wadah atau menciptakan wadah bagi para anak didiknya untuk selalu berkembang, dengan berkumpulnya beberapa siswa yang ada pada Sekolah Menengah kejuruan plus fatahilah ini ada beberapa pengelompokan wadah untuk menampung minat dan talenta para pelajar, diantara dari itu yaitu :
  •    Pramuka : Para siswa di latih untuk bisa menerapkan kedisiplinan lewat extra kulikuler yang dibungkus dalam kegiatan pramuka, disini para siswa di latih untuk bisa baris berbaris yang bisa penerapanya dalam upacara yang rutin dilakukan pada hari senin
  •    Paskibra : Selain pramuka yang melatih para siswa untuk berdisiplin, ada juga yang lebih spesifik lagi mengenai wadah dari extra kulikuler lainya yaitu paskibra, biasanya para siswa di latih beberapa teknik baris berbaris yang di persiapkan dalam beberapa ajang lomba grak jalan.
  •    Penjak Silat : Sebagai wadah bagi para siswa Sekolah Menengah kejuruan Fatahilah yang berminat untuk melatih bela diri, dimana merpati putih menjadi wadah bagi mereka yang ingin membuatkan bakatnya di dunia pencak silat
  •    Musik : Ada juga wadah kreasi seni dari beberapa minat talenta dari siswanya, dimana di sediakan beberapa alat musik untuk bisa membuatkan talenta siswa yang tergabung dalam wadah Band.
Baca Juga : Pondok Pesantren Maj'maul Umah Cemeti Kedokanbunder Indramayu

Itulah beberapa warta dari Sekolah Menengah kejuruan Plus Fatahilah yang ada di kecamatan gegesik cirebon, bagi anda yang berminat atau ingin menyekolahkan anaknya di Sekolah Menengah kejuruan ini dipersilahkan untuk tiba sendiri ke sana, biar warta in bermanfaat dan kami ucapkan Terimakasih.



Sumber https://leptopmurahindramayu.blogspot.com/