Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Touchpad Laptop Rusak Dan Berikut Solusi Cepatnya

Touchpad Rusak - Pernahkah kalian mengalami touchpad laptop anda tidak berfungsi sama sekali, kita gerak gerakan hingga sekuat tenaga namun tidak bergerak sama sekali, Itulah yang saya alami pada laptop saya. Entah apa yang bahwasanya terjadi ketika dinyalakan tidak berfungsi sama sekali,dan alhasil saya menentukan jalan pintas dengan pemberian mouse menyerupai layaknya sebuah komputer PC.
 Pernahkah kalian mengalami touchpad laptop anda tidak berfungsi sama sekali Penyebab Touchpad Laptop Rusak dan Berikut Solusi Cepatnya

Namun rasanya tidak etis saja yang namanya laptop kok menggunakan mouse, ngapain juga ada touchpad yang berada di tengah tengah itu. Nah dari masalah ini saya memberanikan diri untuk mengutik beberapa cara saya, berbekal dari sebuah gosip di internet mengenai beberapa penyebab touchpad tidak berfungsi sama sekali, masalah ini saya alami pada laptop asus X453m, yang gres ahad kemaren jadi lagi touchpadnya, tanpa harus pergi ke tukang service. Bisa di bayangkan dengan kondisi tempat saya yang jauh dari sentra keramain, tentunya akan memakan waktu jikalau hal ini di bawa ke tukang service, belum lagi waktu lamanya service terkadang tidak menentu.

Baca Juga :  5 Penyebab Keyboard Rusak dan 5 Cara Mengatasinya

Berbekal dari gosip yang ada di internet saya mencoba serching dengan kata kunci touchpad rusak, di situ saya menemukan beberapa artikel yang tidak mengecewakan lengkap mengenai dari penyebab rusaknya, beserta solusinya, perlu di ungkapkan juga di sini bahwa penyebab rusaknya touchpad rusak antara lain sebagai berikut :
  •    Bisa jadi permukaan atau area touchpad kotor, banyak sekali penyebab dari kotornya permukaan touchpad pada laptop anda. Penggunaan yang tidak beraturan di luar sana dapat saja menempelnya debu, atau adanya air yang melekat di situ, kemungkinan dengan problem itu touchpad tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.
  •    Tanpa di sadari touchapad juga dapat rusak yang diakibatkan oleh sebuah virus yang menyerang pada laptop kita, tentunya hal ini akan sangat mengganggu sekali dengan pemakaian kita terhadap laptop yang digunakan
  •    Driver bermasalah, kemungkinan hal ini terjadi ketika kita gres selesai menginstal ulang sebuah laptop atapun notebook. Tidak supportnya driver yang di gunakan juga dapat menimbulkan bermasalah pada touchpad laptop kita, biasanya seseorang akan menggunakan driver pack all versi untuk cara cepatnya. Namun pada laptop atau notebook tipe tertentu terkadang ada saja yang tidak kompatible pada drivernya.
  •    Hardware mengalami kerusakan, dapat jadi touchpad anda bermasalah alasannya hardwarenya ada yang kendo atau tergeser antara kabel konektonya, hal ini dapat saja terjadi alasannya adanya benturan benda benda yang ada di sekitaran laptop.
  •    Tak sengaja menonaktifkan fungsi touchpad (disable), hal ini memang sering tak sengaja kita lakukan hanya dengan menekan tombol tombol yang ada di gugusan atas pada laptop, hal ini tentunya menciptakan kita panik bagi yang tidak mengetahuinya.
  •    Windows mengalami kerusakan, hal ini dapat terjadi alasannya sistem operasi kita ada yang corrup, yang menimbulkan pada tidak berjalanya touchpad tidak berfungsi.

Dari beberapa penyebab itu, apakah anda pernah mengalaminya, agar tidak terjadi pada anda ya sob, alasannya akan menjadi rebot jikalau kita sedang di kejar sasaran pekerjaan datang tiba ada kerusakan pada touchpad laptop kita, oleh alasannya itu dari penyebab kerusakan di atas kami mencoba memperlihatkan solusinya, tetap simak artikel kami hingga selesai yah, berikut solusi dari kerusakan kerusakan yang mungkin anda alami pada keterangan di atas

 

1.     Touchpad kotor

 

Sebenarnya ketika kasusnya demikian tentunya anda tidak usah panik dengan tidak berfungsinya touchpad laptop anda, alasannya kerusakan ini memang sangat ringan sekali solusinya, cukup dengan membersihkan permukaan touchpad laptop anda sudah berhasil berfungsi kembali sebagaimana mestinya, Namun bagaimana kalau kotornya hingga kesela sela dalam touchpad, tentunya anda harus membuka casingnya terlebih dahulu, apalagi kalau ada cairan air yang masuk di dalamnya, pastikan di keringkan terlebih dahulu ya sob.

 

2.     Masuknya virus

 

Hal ini memang sangat tidak di sadari oleh kita sebagai pengguna laptop pada umumnya, kemudian yang menjadi pertanyaan dari manakah virus tersebut masuk dan bagaimana beliau dapat merusak touchpad kita.

Tentunya ada banyak macam cara virus dapat masuk kedalam laptop kita, diantara dari sekian banyak cara tersebut ialah ketika kita terkoneksi dengan internet, kita tidak sadar masuk ke sebuah situs yang tak disadari itu masuklah virus. Bisa juga masuk melalui flasdisk yang menancap di laptop kita yang membawa virus.

Baca Juga :  Yakin Mau Beralih Profesi Menjadi Teknisi Laptop, Ini 5 Tips Bagi Pemula

Lalu apa kaitanya dengan kerusaka antara touchpad dengan virus itu, banyak sekali ancaman yang diakibatkan oleh virus. Virus tidak hanya merusak sebuah file, tetapi juga dapat menghentikan jalanyakerja dari touchpad yang tidak berfungsi seberti biasanya. Solusinya ialah kita instal aplikasi anti virus, silahkan pilih saja yang berdasarkan anda ampuh untuk membasminya. Jika dengan cara demikian tidak juga berhasil ada baiknya anda menginstal ulang sistem operasinya, jikalau virusnya menyerang ke situ.

 

3.     Driver bermasalah

 

Bisa saja touchpad bermasalah itu diakibatkan oleh tidak supportnya drivel yang melekat pada laptop kita, kemungkinan terhapus, atau di grogoti virus yang menciptakan windows tidak mengenai driver touchpadnya, atau dapat jadi drivernya tidak support dari awal.

Jika masalahnya demikian silahkan anda instal driver hardware touchpadnya, di sesuaikan dengan tipe laptop yang anda gunakan, atau dapat saja instal driver bawaanya, bahkan kini ada semua solusi dari aneka macam merek laptop yaitu dengan menggunakan driver pack all.

 

4.     Hardware mengalami kerusakan

 

Nah ini yang kemaren saya alami, sesudah saya melaksanakan troubleshoting pada laptop saya yang touchpadnya tidak berfungsi, dimana saya urutkan permasalahanya, ternyata ketemu juga, yang menimbulkan touchpad laptop saya dengan type asus X453M tidak berfungsi ialah alasannya bermasalah dengan hardwarenya.

Baca Juga :  5 Penyebab Laptop Anda Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Disini yang bermasalah ialah kabel konektornya yang tertarik yang menimbulkan patahnya komponen kecil pada kabelnya. Awalnya saya galau untuk membetulkanya, hingga sampai saya mencari cari ke toko laptop yang jualan kabel konektornya saja, ternyata nihil so di kawasan saya jarang sekali yang jualan begituan, dan pada alhasil saya mencoba mengakali dengan memotong kabel konektor yang rusak tersebut, kemudian di kupaslah bertahap supaya tembaganya terlihat. Al hasil tak di sangka touchpad laptop saya jadi lagi, sungguh lega sekali rasanya dapat menemukan kerusakan pada laptop saya sendiri.

 

5.     Non aktif touchpad

 

Hal ini sebetulnya sangatlah sepele sekali yah kawan, kita tidak sengaja memencet salah satu tombol yang bergambar touchpad, biasanya di barisan paling atas sendiri pada laptop, tepatnya pada gugusan tombol F1 hingga dengan F12 tergantung dari brand laptopnya, alasannya berbeda beda penempatanya. Jika hal ini yang terjadi pada laptop anda segera anda menekan tombol tersebut lagi guna untuk menjalankan touchpadnya, supaya dapat berjalan normal.

 

6.     Windows rusak

 

Bisa jadi ketika touchpad laptop anda tidak berfungsi yang bermasalah pada windowsnya. kemungkinan ini terjadi alasannya windows tidak merespon touchpadnya sehingga akan melewati proses tersebut, solusi cepatnya segera instal ulang laptop anda untuk dapat memulihkan kembali fungsi dari touchpad tersebut.

Baca Juga : 7 Komponen Dasar Yang Wajid Diketahui Oleh Pemula Menjadi Teknisi Laptop

Nah itulah mengenai beberapa penyebab touchpad laptop anda tidak berfungsi, tentunya masih banyak lagi masalah masalah lainya yang mungkin belum kami tulis di sini, mohon di maklumi alasannya keterbatasan ilmu kami, Cukup sekian dan kami ucapkan Terimakasih.
Sumber https://leptopmurahindramayu.blogspot.com/