Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mempelajari Desain Web Secara Cepat

Desain web adalah salah satu elemen penting dalam pembuatan website. Seringkali pengunjung website menilai suatu website manis atau tidak pertama kali dari website yang disajikan. Barulah yang kedua dilihat dari isi konten yang disajikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain web wajib dibentuk semenarik mungkin bagi pemilik website untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Secara harfiah, desain web ialah salah satu jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan stylish obyek lingkungan isu internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika. Jika Anda ingin tau untuk mempelajarinya, di bawah ini akan dibagikan tips cepat mempelajari desain web.

  1. Mulailah dengan desain minimalis dan terstruktur
    Sebagai pemula, desain minimalis membantu Anda dalam menguasai gaya desain. Desain minimalis hanya akan menuntut Anda menghasilkan desain yang efektif tanpa perlu detail yang tidak begitu penting.
    Selain itu, buatlah rencana struktur situs yang Anda inginkan. Bedakan website perusahaan dengan website personal. Setelah struktur situs telah dibentuk dengan baik, pemilihan detail kecil ibarat tekstur atau warna situs dapat diputuskan kemudian.
  2. Berfokuslah pada fungsi desain
    Membuat web desain tidak hanya dilihat dari estetika saja, melainkan harus lebih dilihat dari fungsi desain yang dibentuk untuk meningkatkan konversi. Setiap pernak-pernik situs bertugas sebagai penyampai pesan terlebih untuk jasa online advertising. So, sebelum menciptakan desain web, pikirkan terlebih dahulu apakah pernak-pernik tersebut berkhasiat bagi pengunjung. Rutinlah membaca artikel terkait usability danuser experience.
    Jangan lupa untuk mengikuti struktur desain web yang telah baku. Meskipun struktur dua kolom dengan sidebar di kanan dan logo di kiri atas terasa membosankan, faktanya desain ibarat ini telah dikenal banyak pengunjung website selama ini. Memperhatikan tren desain web dikala ini juga tidak ada salahnya. Anda dapat melihat banyak sekali macam tumpuan dari situs-situs terkemuka.
  3. Kuasai software yang harus digunakan
    Untuk menjadi desainer web, Anda tidak harus menguasai keseluruhan. Cukup menguasai satu elemen saja ibarat Photoshop atau Firework saja sudah dapat menciptakan desain yang menarik asalkan menguasainya dengan sangat baik.

Hal yang paling utama untuk dikuasai ialah dasar-dasar tipografi alasannya tipografi memegang peranan penting dalam menjebatani pesan dari pemilik situs pada pengunjung. Pelajari kombinasi font dan setting yang relatif berkhasiat dalam semua kondisi di tipografi ialah hal yang wajib dilakukan.