Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ahmad Karahisari


Ahmad Syammsuddin Karahisari ialah kaligrafi Ottoman. Gelarnya ialah Molla Syams Pir Karahisari

Lahir di kota Afyon Karahisar (قرة حصار ) Anatolia Turki. Tahun kelahirannya tidak dipastikan. Perkiraannya dia lahir tahun 1468 M/863 H. Ia hidup semasa dengan kaligrfer Hamdullah al Amasiy. Ia ialah kaligrafer paling penting pada masanya. Ia,  Syekh Hamdullah dan Hafidz Usman ialah 3 mata trisula kaligrafi yang mempunyai gaya masing masing. 

Pertama kali berguru kaligrafi pada Yahya As Sufi (w. 1447 M/882 H), seorang kaligrafer pada kala Sultan Muhammad Al Fatih. Tidak menyerupai kebanyakan kaligrafer ottoman yang mengadopsi gaya syekh Hamdullah, Ahmad Karahisari lebih suka membuatkan gayanya sendiri, yang lebih erat dengan gaya Yaqut al Musta'shimi, meski gaya kaligrafinya ini tidak banyak diterima pada kala itu. Karena itu sebagian muridnya juga tidak mengambil gayanya. 

Ia telah membangkitkan kembali gaya Yaqut, sehingga ia digelari Yaqutnya Romawi (Yaqut ar Rum). Di final hayatnya,  Ia sempat menulis satu karya mushaf yang ia tulis dengan khat naskhi, memalsukan mushaf Yaqut al Musta'shimi. 

Sebagaimana Yaqut, Ahmad menguasai banyak jenis kaligrafi. Ia juga terus berusaha mencari bentuk bentuk gres dengan mengeksplorasi potongan penanya. Khat paling penting yang berhasil ia kembangkan ialah khat musalsal. Khat yang karakter hurufnya ditulis menyambung satu sama lain. 

Karya terpenting Ahmad Karahisari ialah Mushaf Al Alquran yang ia persembahkan untuk Khalifah Sulaiman dan kini tersimpan di istana Topkapi. Mushaf ini sangat Indah. Teridiri atas 300 halaman yang semuanya diberi hiasan emas dan Ia juga menulis didinding Masjid Jami Sulaimaniyah di Istambul. 

Ahmad Karahisari meningalkan murid yang mengikuti gayanya yaitu Hasan Celebi dari Uskudar (bukan Syekh Hasan Celebi yang kini masih hidup).
Ahmad wafat di Istambul tahun 1566 M dalam usia 98 tahun.