Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyalin Teks Dari Dokumen/Buku Cetak Atau File Gambar Ke Ms Word

Cara Menyalin Teks Dari Dokumen/Buku Cetak Atau File Gambar ke MS Word - Pernahkah Anda mendapat kiprah sekolah atau pekerjaan yang mengharuskan anda mengetik ulang teks yang ada dalam buku cetak atau di lembar dokumen kertas, dan sanggup juga dari file PDF yang berupa teks ataupun gambar. Tak jadi soal jikalau jumlahnya satu atau dua lembar, tapi apa alhasil jikalau harus mengetik ulang hingga puluhan lembar?
Cara yang sanggup Anda lakukan untuk menyalin teks di dalam gambar atau hasil scan memakai fungsi yang dipunyai oleh Microsoft Office OneNote. Kini sanggup anda lakukan dengan cara gampang dan setiap cara punya kelebihan dan kekurangan, itu pasti. Kelebihan dari cara yang akan saya sampikan ialah anda tidak perlu repot lagi mengetik ulang semua teks yang ada di dalamnya dan tidak perlu instal aplikasi khusus menyerupai OCR (Optical Character Recognition) atau yang lainnya.
Cara Copy Artikel di Website yang Tidak Bisa Diblock
Langsung saja  kita mulai langkah-langkahnya :
  1. Scan lembar dokumen/buku cetak dalam bentuk file gambar dan pastikan tidak ada noda atau coretan, jikalau terdapat coretan untuk usahakan untuk menghapusnya dengan cara klik kanan pada mouse kemudian pilih >>Edit, secara otomatis aplikasi Paint bawaan windows akan membukanya, pilih tool Eraser dan hapus coretan yang ada.
  2. Buka Microsoft OneNote Anda. Caranya klik tombol Start >>All Programs >>Microsoft Office >>dan klik Microsoft Office OneNote. Kebetulan saya memakai OneNote 2007
  3. Buat klip gres kemudian klik >>Insert >>Pictures >>From Files
  4. Kemudian pilih file gambar yang akan disalin teksnya. Setelah itu tandai file gambar yang sudah dimasukkan dan klik Copy Text from Picture.
  5. Buka dokumen Microsoft Word gres kemudian tekan " Ctrl + V " atau klik kanan dan klik Paste.
Hasil struktur teksnya mungkin agak amburadul, dan biasanya bab teks yang salah secara otomatis ukurannya lebih besar dan bold. Tentunya harus anda harus merapihkannya.
Cara Praktis Mengcopy Teks dari PDF ke Word
Terus kalau dari dokumen PDF?
Akan lebih gampang menyalin teks dari dokumen PDF, alasannya tidak harus scan dulu. Dan disini tidak harus teks PDF tapi sanggup juga untuk jenis gambar teks PDF.
berikut caranya :
  1. Buka Document Pdf yang akan disalin (Disini saya memakai Foxit Rider, mungkin ada sedikit perbedaan jikalau memakai Adobe Rider atau yang lainnya)
  2. Pada Menu Toolbar diatas pilih >>Home, kemudian klik >>SnapShot (berlogo kamera)
  3. Select/blok teks atau gambar yang akan disalin
  4. Klik kanan pada mouse, kemudian pilih Copy Selected Graphic
  5. Buka Microsoft Office OneNot, dan paste hasil copy dari PDF
  6. Selanjutnya Ikuti langkah urutan 3 - 4 dan 5 pada cara pertama diatas (yang ditandai warna biru) 
 Cara Memindahkan Artikel dari MSWord ke Posting Blog
Selamat mencoba, jikalau ada kesulitan sanggup ditanyakan via kolom komentar.
Semoga bermanfaat. Salam...